image desc

Tips Merawat dan Menjaga Kebersihan Dispenser Air di Rumah

Dispenser air merupakan barang elektronik yang kerap kita temui di setiap rumah. Dispenser sendiri merupakan alat yang memudahkan manusia untuk bisa mendinginkan ataupun memanaskan air dengan lebih cepat. Jadi, Manfaat Menggunakan Dispenser di Rumah atau Bisnis Anda dapat meringankan pekerjaan manusia. Meskipun demikian, perlu ada perawatan rutin untuk menjaga agar dispenser air dapat tetap awet dan berfungsi dengan baik. 

 

Tips Merawat dan Menjaga Kebersihan Dispenser Air

Berikut adalah beberapa tips merawat dan menjaga kebersihan dispenser air di rumah:

1. Ganti filter secara berkala

Dispenser air umumnya memiliki filter untuk menyaring kotoran. Anda perlu mengganti dan membersihkan filter secara berkala dengan memperhatikan petunjuk pada masing-masing dispenser. 

2. Pastikan aliran listrik stabil

Kenaikan atau penurunan tegangan listrik yang sering terjadi pada dispenser dapat menyebabkan komponen elektronik pada dispenser menjadi panas dan mudah rusak. 

3. Matikan dispenser ketika air kosong

Dispenser perlu dimatikan ketika tidak digunakan. Jika tidak dimatikan, maka dispenser akan tetap dalam mode memanas tapi tidak ada air yang dipanaskan. 

4. Taruh dispenser di ruangan yang tidak lembab dengan posisi tegak

Jika dispenser terpapar langsung oleh sinar matahari maka komponen elektronik di dalamnya akan murah panas dan rusak sehingga mempengaruhi kualitas air galon. Posisi dispenser juga harus tegak karena air bisa menjadi keruh dan komponen elektronik akan mudah rusak. 

 

Anda juga perlu membersihkan bagian bawah dispenser dan bagian dalam dispenser dengan air hangat dan cuka putih. Selanjutnya, dispenser perlu dikeringkan secara menyeluruh. 

 

Dengan melakukan perawatan secara rutin, dispenser air Anda akan tetap awet dan berfungsi dengan baik. Anda juga dapat terhindar dari risiko terpapar bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Tips dan trik lainnya untuk merawat dispenser dapat dilihat melalui link ini! https://www.gea-rsa.com/gea-rsa/article/detail/tips-dan-trik-merawat-dispenser-anda-