image desc

Tips Merawat dan Membersihkan Refrigerator agar Tetap Bersih dan Berfungsi Optimal

Refrigerator atau kulkas merupakan alat penting yang wajib ada di rumah. Alat ini digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap segar dan awet. Oleh karena itu, refrigerator perlu dirawat dan dibersihkan rutin agar dapat berfungsi optimal.

 

Tips Merawat dan Membersihkan Refrigerator

Berikut adalah beberapa tips merawat dan membersihkan refrigerator:

 

1. Bersihkan refrigerator secara rutin

Refrigerator harus dibersihkan secara rutin dengan mematikan listrik dan mengeluarkan semua isi. Selanjutnya, bersihkan bagian dalam dan luar dengan lap basah dan sabun cuci piring. Lalu, bagian defrost drain yang merupakan saluran untuk mengalirkan air hasil pencairan es agar tidak tersumbat dan bau.

 

2. Penggunaan suhu yang sesuai

Suhu pada refrigerator harus sesuai dengan instruksi pada masing-masing refrigerator. Jika suhu terlalu tinggi, dapat merusak makanan dan minuman. 

 

3. Hindari membuka pintu terlalu lama

Pintu pada refrigerator harus segera ditutup. Jika dibuka terlalu lama, suhu refrigerator akan turun dan bisa menyebabkan makanan dan minuman mudah rusak. 

 

4. Rutin ganti filter udara

Periksa instruksi penggantian filter udara sesuai anjuran pabrik. Apabila filter pada refrigerator tidak dibersihkan dan diganti, maka refrigerator tidak akan dingin dan dapat mengurangi efisiensi penggunaan. Akibatnya, makanan dan minuman bisa cepat rusak.

 

5. Periksa kondisi seal pintu

Seal pada pintu refrigerator berfungsi untuk mencegah udara luar masuk. Jika seal pintu rusak, udara panas akan masuk dan bisa menyebabkan makanan dan minuman rusak karena terlalu panas, bahkan bisa terkontaminasi bakteri. 

 

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga agar refrigerator tetap bersih dan berfungsi optimal untuk memastikan makanan dan minuman awet. Anda ingin cari refrigerator yang sesuai dengan kebutuhan? Cek langsung pada offline store GEA atau cek online pada website GEA https://www.gea- rsa.com/gea-rsa/product/gea!