image desc

Tips Menggunakan Refrigerator untuk Mengawetkan dan Mempersiapkan Bahan Makanan Lebih Lama

Refrigerator dapat menyimpan bahan makanan agar lebih tahan lama. Hal ini karena suhu dalam refrigerator cukup dingin sehingga bahan makan lebih awet. Namun, proses penyimpanan tidak boleh sembarangan dilakukan karena bisa menyebabkan refrigerator menjadi kotor dan bau. 

 

Tips mengawetkan dan mempersiapkan bahan makanan di refrigerator

Berikut adalah beberapa tips menggunakan refrigerator untuk mengawetkan dan mempersiapkan bahan makanan lebih lama:

 

1. Bedakan wadah untuk makanan mentah dan matang 

Dengan memisahkan wadah makanan, akan meminimalisir kontaminasi silang yang bisa menyebabkan makanan rusak dan menjadi penyakit. Selain itu, refrigerator jadi lebih rapi sehingga pemilihan bahan bisa lebih efisien. 

 

2. Terapkan prinsip first in first out (FIFO)

Untuk makanan yang lebih lama seharusnya dipindah ke barisan terdepan untuk bisa lebih cepat dikonsumsi. Sedangkan bahan yang baru saja dibeli harus dibersihkan dan dipotong sesuai keinginan, lalu ditaruh pada bagian yang lebih belakang. Jika terlalu lama menyimpan bahan makanan akan memperbesar kemungkinan bahan rusak karena bakteri dan busuk. 

 

3. Siapkan bahan untuk meal preparation

Agar lebih memudahkan Anda dalam memasak, bahan yang sudah dibeli lebih baik dimarinasi ataupun dimasak setengah matang. Setelah itu ditaruh dalam wadah satu persatu agar lebih mudah diambil. 

 

4. Efisiensi peletakan bahan

Bahan yang lebih sering dipakai seharusnya diletakkan pada tempat yang mudah untuk diambil. Hal ini untuk meminimalisir refrigerator menjadi rusak karena barang yang sering diambil sulit untuk dijangkau. 
 

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menggunakan refrigerator dengan lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat membantu Anda menghemat uang dan energi, serta menjaga makanan Anda tetap segar dan awet. Ingin mencari refrigerator yang sesuai? Langsung cek pada offline store GEA atau dengan cek langsung pada website GEA https://www.gea- rsa.com/gea-rsa/product/gea!