image desc

Tips Memilih Alat Masak yang Aman dan Higienis

Kegiatan masak memasak bagi ibu rumah tangga maupun pebisnis makanan merupakan sebuah rutinitas. Menyajikan makanan yang lezat dan higienis juga menjadi salah satu hal penting dalam proses memasak itu sendiri. 

Tidak hanya proses memasak yang dapat menjadi faktor saja, kebersihan alat masak juga menjadi faktor yang penting agar makanan tetap terjaga kualitas dan higienis. Ternyata masih banyak yang belum menyadari dan mengetahui tips untuk memilih alat masak agar kualitas makanan tetap terjaga. 

Kebanyakan konsumen saat ini memilih alat masak dari design dan juga harganya. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih peralatan masak untuk di dapur. 

 

Pilih Jenis Bahan Tepat

Sebelum menentukan untuk membeli alat masak, jenis bahan sangat penting untuk kita ketahui. Hindarilah alat masak yang mengandung bahan kimia saat pengolahan dan pembuatan alat masak tersebut. Masakan yang dimasak menggunakan alat masak yang mengandung bahan kimia akan lebih mudah terkontaminasi. 

Stainless steel, keramik, kaca maupun granit merupakan beberapa alternatif jenis bahan alat masak yang umum dan direkomendasikan. Stainless steel lebih banyak direkomendasikan karena memiliki kualitas yang cukup baik dan dapat menyalurkan panas lebih merata dan cepat. Hindarilah peralatan memasak yang berbahan plastik. 


Food Grade

Pilihlah alat masak yang memiliki kualitas food grade karena lebih aman dan tidak memiliki zat-zat atau partikel yang mudah terkontaminasi di masakan. Saat ini sudah lebih mudah menemukannya di pasaran karena banyak produsen menyertakan logo atau keterangan food grade pada produknya. Peralatan memasak yang food-grade ini lebih mudah untuk dibersihkan dibandingkan yang lainnya. 

 

Ergonomis 

Memilih peralatan memasak yang ergonomis (menjamin kenyamanan) menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh konsumen. Kenyamanan memasak menggunakan alat masak dengan desain yang nyaman akan membuat penggunanya lebih nyaman saat memasak. 

Saat memilih peralatan masak bentuk dan desain perlu diamati dengan cermat. Jika memungkinkan, konsumen dapat menyentuh dan mencoba secara langsung sehingga dapat menemukan kenyamanan dari produk tersebut. Selain kenyamanan, hal ini juga mempengaruhi keamanan saat memasak. 

 

Ketahanan Terhadap Suhu

Selain food-grade dan ergonomis, hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahan tersebut memiliki ketahanan terhadap suhu yang baik. Produk yang memiliki ketahanan suhu yang baik dapat menjadi pertimbangan yang utama. Alat masak yang memiliki ketahanan suhu yang baik akan membuat peralatan masak tersebut lebih awet dan tahan lama. 

 

GEA GETRA juga memiliki beberapa rekomendasi produk peralatan masak yang dapat ditemukan di website GEA GETRA lho! Tentunya dengan produk peralatan masak yang sudah teruji dan memiliki kualitas bahan yang sesuai dengan standard

Produk peralatan masak tentunya dapat kamu cek di www.gea-rsa.com