image desc

Tips dan Trik Merawat Peralatan Memasak Agar Tahan Lama

Kegiatan masak memasak bagi Ibu rumah tangga dan pengusaha makanan pastinya sudah menjadi rutinitas, bukan? 

Peralatan memasak pastinya sering digunakan untuk memasak berbagai macam maknaan seperti panci, wajan dan spatula merupakan beberapa contohnya. Setiap peralatan masak pastinya punya fungsi tertentu dan desain yang disesuaikan untuk memudahkan penggunanya dalam proses memasak. 

Merawat peralatan memasak yang sering digunakan juga menjadi hal yang penting supaya peralatan memasak tersebut lebih tahan lama penggunaannya. Tapi, masih ada beberapa konsumen yang belum memahami betul tips dan trik untuk merawat peralatan memasak. 

 

Berikut beberapa tips dan trik yang dapat digunakan untuk merawat peralatan memasak agar dapat digunakan lebih lama!

Perhatikan Panduan Perawatan Produk

Saat membeli produk peralatan memasak, produsen akan memberikan panduan untuk merawat sehingga sangat disarankan untuk  membaca dengan seksama panduan tersebut. 

Setiap produk pasti memiliki cara perawatan berbeda-beda dan produsen pasti sangat memahami bagaimana merawat produk tersebut dengan baik. 

Contohnya yaitu, produk peralatan masak yang berbahan stainless steel akan berbeda perawatannya dengan yang berbahan dasar teflon atau kaca.

 

Segera Pindahkan dari Kompor setelah Selesai Memasak

Setelah selesai memasak, kamu dapat langsung memindahkan masakan ke piring saji atau peralatan masak di atas tatakan panci. Kemudian, langsung angkat peralatan masak kamu dari kompor. 

Tujuan dari memindahkan peralatan masak dari kompor supaya tidak merusak lapisan bawah alat masak. Hawa panas dari kompor mudah merusak lapisan bawah alat masak tersebut. 

 

Cuci Peralatan Masak pada Suhu Normal

Peralatan memasak yang baru digunakan jangan langsung dicuci yaa, tunggu sesaat hingga peralatan masak tersebut kembali ke suhu normal. Jangan cuci di kondisi peralatan masak masih panas. 

 

Pilih Alat Mencuci yang Tepat 

Mencuci peralatan memasak sangat direkomendasikan untuk menggunakan  bahan seperti spons yang lembut maupun alat cuci silicone food grade. Jangan menggunakan alat mencuci dengan spons yang kasar karena akan merusak lapisan anti lengket pada panci maupun wajan. 

Gosoklah secukupnya dan jangan terlalu keras, jika makanan masih menempel di alat masak, bersihkan menggunakan air mendidih. 


 

Simpan Peralatan Masak dengan Benar

Jangan menyimpan peralatan memasak di sembarang tempat. Simpanlah peralatan masak di tempat yang kering dan dapat ditata secara teratur. Pastikan alat masak kamu sudah kering sebelum disimpan ke rak. 

Selain itu, pastikan rak atau tempat penyimpanannya tidak lembab karena dapat menyebabkan adanya banyak jamur yang tumbuh di alat masak. Tatalah dengan rapi satu per satu agar tidak saling bergesekan dan meminimalisir alat masak tersebut jatuh atau rusak. 

 

GEA GETRA juga memiliki beberapa rekomendasi produk peralatan masak yang dapat ditemukan di website GEA GETRA lho! Tentunya dengan produk peralatan masak yang sudah teruji dan memiliki kualitas bahan yang sesuai dengan standard

Produk peralatan masak tentunya dapat kamu cek di www.gea-rsa.com