image desc

Pentingnya Pemeliharaan dan Perawatan Rutin pada Sistem Split Commercial Refrigeration

Sistem split commercial refrigeration memiliki peran yang penting untuk menjaga agar produk yang ada di dalamnya tetap segar. Sistem ini membutuhkan banyak energi sehingga perlu melakukan pemeliharaan dan perawatan secara rutin untuk memastikan bahwa semua sistem berjalan dengan optimal dan efisien. 

 

Pentingnya melakukan pemeliharaan dan perawatan rutin

Terdapat beberapa manfaat dari melakukan pemeliharaan dan perawatan rutin pada sistem split commercial refrigeration, seperti:

 

1. Meningkatkan efisiensi energi

Pemeliharaan dan perawatan rutin dapat membantu meningkatkan efisiensi energi sistem. Dengan melakukan pemeliharaan rutin seperti membersihkan kondensor dan evaporator, peralatan bisa bekerja secara optimal dan menghindari adanya kejadian yang bisa memakan banyak biaya. Misalnya seperti kebocoran refrigeran yang bisa merugikan efisiensi. 

 

2. Memperpanjang umur pakai 

Apabila komponen seperti kipas dan komponen dirawat dengan baik, maka kemungkinan terjadi kehausan alat dalam beroperasi akan lebih minim. Hal ini dapat mengurangi biaya penggantian peralatan. Jadi, pemeliharaan dan perawatan rutin dapat membantu memperpanjang umur sistem. 

 

3. Meminimalisir biaya pemeliharaan 

Pemeliharaan dan perawatan merupakan tindakan preventif yang bisa menekan biaya pemeliharaan atau perbaikan darurat. Pemeliharaan secara teratur bisa menghindari kerusakan dan kegagalan komponen dan sistem secara keseluruhan. 

 

4. Mengurangi kemungkinan downtime

Dengan melakukan pemeliharaan dan perawatan rutin, permasalahan pada komponen dan sistem bisa diminimalisir. Hal ini bisa mengurangi kemungkinan terjadinya downtime dan bisa memastikan bahwa produk di dalamnya bisa terjaga dengan baik. Jadi, kemungkinan kerugian akan kerusakan produk juga minim. 

 

Pemeliharaan dan perawatan rutin pada sistem split commercial refrigeration harus dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman karena mereka bisa melakukannya secara benar dan aman. 


Anda sedang mencari split commercial refrigeration? Bisa langsung cek pada  offline store atau melalui website GEA https://www.gea-rsa.com/gea-rsa/product/gea!