image desc

Pentingnya Menghindari Penyimpanan Makanan Mentah dan Matang dalam Satu Tempat di Refrigerator

Banyak orang kurang memperhatikan cara penyimpanan makanan yang baik agar aman digunakan. Padahal, penyimpanan makanan yang salah, dapat menjadi sumber penyakit. 

 

Apa itu kontaminasi silang pada makanan mentah dan matang?

Kontaminasi silang terjadi jika makanan mentah menyebarkan bakteri dan masuk ke dalam makanan matang. Kontaminasi dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Kontaminasi langsung terjadi ketika pisau digunakan untuk memotong makanan mentah lalu digunakan untuk memotong makanan matang. Sedangkan kontaminasi silang terjadi ketika makanan mentah dan matang disimpan dalam satu tempat pada refrigerator tanpa wadah. 

 

Bahaya kontaminasi silang pada makanan mentah dan matang

Kontaminasi silang pada makanan sangat berbahaya karena menyebabkan berbagai penyakit, seperti diare, muntah, bahkan kematian. Bakteri yang menyebabkan penyakit banyak terdapat pada makanan mentah. Jadi, makanan mentah harus disimpan dengan baik agar tidak mengkontaminasi makanan matang. 

 

Bagaimana cara terbaik menyimpan makanan mentah dan matang di refrigerator?

Penyimpanan makanan mentah dan matang dalam satu refrigerator juga harus dihindari untuk meminimalisir terjadinya kontaminasi. Penyimpanan makanan mentah dan matang harus dengan wadah yang berbeda. Wadah juga harus tertutup rapat untuk menghindari kontaminasi bakteri dan udara yang bisa masuk ke makanan. Penyimpanan makanan mentah dan matang harus di rak refrigerator yang berbeda untuk meminimalisir kontaminasi.

 

Selain itu, menyimpan makanan harus memperhatikan prinsip first in first out (FIFO) dan first expired first out (FEFO). Jadi, makanan yang sudah lama disimpan harus lebih didahulukan untuk di makan untuk menghindari makanan terkena bakteri. 

 

Untuk tips tambahan, anda juga harus mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan sesudah memegang makanan. Selain itu, anda harus membersihkan pisau dan wadah ketika ingin digunakan. 

 

Penyimpanan makanan mentah dan matang harus dilakukan dengan benar karena bisa mempengaruhi kondisi kesehatan. Ingin cari refrigerator yang tepat untuk kebutuhan Anda? Langsung periksa pada toko offline dari GEA ataupun melalui website GEA https://www.gea- rsa.com/gea-rsa/product/gea!