image desc

Pengertian dan Manfaat Air Cooled Condenser dalam Sistem Pendingin

Air cooled condenser merupakan sistem yang digunakan untuk membuang panas dari suatu ruangan atau benda. Air cooled condenser memiliki peran untuk mengeluarkan panas dari refrigeran yang telah dikondensasikan. Sistem ini memanfaatkan udara untuk menjadi medium pendingin yang membantu mengirimkan panas dari refrigeran ke lingkungan. 

 

Tidak seperti water cooled condenser, air cooled condenser memanfaatkan media udara sebagai media pendinginan utama. Komponen utamanya adalah pipa berisi refrigeran yang membantu menghilangkan panas dari refrigeran selama kondensasi. Air cooled condenser terdiri dari dua bagian utama, yaitu coil dan fan. Coil adalah komponen yang terbuat dari pipa-pipa kecil yang dilapisi dengan fin. Fan adalah komponen yang berfungsi untuk mengalirkan udara ke coil.

 

Prinsip kerja air cooled condenser 

Berikut adalah prinsip yang diterapkan pada sistem air cooled condenser. Pertama, gas panas dari refrigerant mengalir pada coil. Setelah itu, udara dari fan akan menyerap panas dari gas refrigerant. Akhirnya, gas refrigerant yang ingin akan berubah menjadi cair. 

 

Manfaat air-cooled condenser

Air cooled condenser menawarkan beberapa manfaat, antara lain:

 

1. Efisiensi energi

Air cooled condenser lebih efisien daripada water cooled condenser. Hal ini karena air cooled condenser tidak memerlukan pompa untuk mengalirkan air. Air cooled condenser tidak memerlukan air yang khusus sehingga bisa memanfaatkan air yang ada.

 

2. Kemudahan pemasangan

Air cooled condenser lebih mudah dipasang daripada water cooled condenser. Hal ini karena dalam sistem air cooled condenser tidak memerlukan sirkulasi air dan pemrosesan air tambahan. Hal ini juga bisa menghemat biaya instalasi. 

 

3. Keamanan

Air cooled condenser lebih aman daripada water cooled condenser. Hal ini karena air cooled condenser tidak menggunakan air, sehingga risiko kebocoran air dapat dikurangi.


Air cooled condenser cocok digunakan untuk sistem pendingin yang tidak memerlukan kapasitas pendinginan yang besar. Anda tertarik untuk membeli air cooled condenser? Langusng cek pada offline store atau pada website GEA https://www.gea-rsa.com/gea-rsa/product/gea!