image desc

Panduan Menyimpan dan Menjaga Kualitas Obat-Obatan yang Sensitif dalam Medical Refrigeration

Terdapat banyak variasi obat yang sensitif terhadap suhu. Bahkan ada beberapa obat yang perlu disimpan pada suhu dan kelembapan tertentu untuk menjaga kualitasnya agar tidak mudah rusak. Dalam kemasan obat juga ada instruksi cara menyimpan obat yang baik. 

 

Sebenarnya, ada beberapa obat yang bisa disimpan pada suhu ruangan, namun ada beberapa jenis obat yang harus disimpan pada medical refrigeration. Terutama untuk obat-obat yang sensitif terhadap suhu untuk menjaga agar kualitas dan efaktivitas dari obat tidak menurun. 

 

Panduan menyimpan dan menjaga kualitas obat-obatan dalam medical refrigeration

Berikut adalah beberapa panduan untuk menyimpan dan menjaga kualitas obat-obatan yang sensitif dalam medical refrigeration:

 

1. Tentukan medical refrigeration yang sesuai

Terdapat beberapa obat yang sensitif suhu, termasuk vaksin, akan lebih baik disimpan pada medical refrigeration. Medical refrigeration memiliki fitur yang sesuai untuk menyimpan obat-obatan yang sensitif terhadap suhu karena ada sistem kontrol suhu serta alarm dan notifikasi sebagai pengingat jika ada masalah.

 

2. Cek suhu dengan termometer lemari pendingin

Medical refrigeration memang dirancang untuk bisa menjaga suhu agar konsisten, Namun, Anda bisa menggunakan termometer lemari pendingin untuk memeriksa suhu penyimpanan secara teratur agar suhu tetap sesuai.

 

3. Dilarang membuka pintu medical refrigeration terlalu lama

Ketika ingin mengambil barang dari medical refrigeration, Anda harus segera menutup pintu dengan rapat. Jika pintu terlalu lama dibuka, akan terjadi perubahan suhu yang bisa merusak kualitas obat.

 

4. Lakukan perawatan rutin

Medical refrigeration harus dibersihkan dan dicek fungsinya secara teratur untuk memastikan agar bisa digunakan dengan baik. Anda juga perlu melakukan perawatan rutin dengan membersihkan dan mendesinfeksi bagian dalam dan luar lemari pendingin, termasuk mengganti filter udara.

 

Dengan menyimpanan obat dengan baik, Anda dapat menyimpan obat-obat dengan jangka waktu panjang. Apabila anda ingin mencari tahu lebih tentang medical refrigeration, bisa cek pada toko offline GEA atau melalui website GEA di https://www.gea-rsa.com/gea-rsa/product/gea!