image desc

Panduan Mengatur Suhu yang Ideal dalam Refrigerator untuk Menjaga Kesejukan Makanan

Pengaturan suhu penting untuk menjaga agar makanan dan minuman yang disimpan dalam refrigerator awet. Padahal, tidak banyak pengguna refrigerator yang sering memeriksa suhu. Mungkin Anda bertanya-tanya berapa suhu yang ideal untuk menyimpan makanan pada refrigerator? Jawaban yang tepat adalah tergantung. 

 

Pengaturan Suhu yang Ideal dalam Refrigerator 

Refrigerator atau kulkas terbagi menjadi dua bagian yaitu freezer dan lemari es. Bersumber dari data yang dikeluarkan oleh Departemen Pertanian di Amerika, freezer seharusnya ada pada suhu 0° F atau -18° C sedangkan lemari es pada suhu 40° F  atau 4° C. Makanan yang harus disimpan pada freezer seperti makanan hewani, ice cream, serta makanan frozen food lainnya. Sedangkan suhu lemari es disesuaikan untuk menjaga agar sayur, buah, telur, serta makanan lain tahan lebih lama karena pertumbuhan bakteri dihambat oleh suhu yang rendah. 

 

Selain dari pengaturan suhu, perlu diperhatikan juga penyebaran suhu pada refrigerator. Untuk menjaga kesejukan agar makanan awet, suhu dingin pada refrigerator harus disebar secara merata. Penataan dalam kulkas juga mempengaruhi aliran udara, jadi perlu ditata dengan rapi. Refrigerator harus sering ditutup agar suhu tidak berubah agar udara dingin mengalir dengan rata. 

 

Sebagai pengguna refrigerator, perlu memperhatikan kesegaran makanan dan minuman agar tidak rusak. Makanan dan minuman hanya bisa disimpan dalam freezer maksimal 2-3 bulan. Hal ini untuk menghindari rasa dan tekstur yang tidak enak. Selain itu, makanan yang disimpan dalam kulkan akan lebih baik disimpan dengan plastik ataupun foil dan disimpan pada wadah untuk meminimalisir udara yang masuk. Suhu freezer harus rendah untuk memperlambar laju keluarnya uap air dari makanan. 

 

Dengan memperhatikan suhu dan penyimpanan makan ataupun minuman yang sesuai, Anda tidak perlu khawatir akan kualitas dari makanan yang sudah disimpan. Ingin dapatkan refrigerator sesuai kebutuhan? Langsung periksa pada toko offline dari GEA ataupun melalui website GEA https://www.gea- rsa.com/gea-rsa/product/gea!