image desc

Mengurangi Dampak Lingkungan melalui Kabinet Pendingin Berkelanjutan pada Minimarket

Minimarket refrigerant cabinet atau kabinet pendingin pada minimarket kerap kita jumpai pada supermarket-supermarket. Tentunya banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika menyimpan produk makanan pada kabinet ini, salah satunya dapat menjaga kesegaran berbagai produk yang disimpan.

 

Meskipun demikian, ada pula dampak lingkungan yang ditimbulkan dari penggunaan kabinet pendingin konvensionali. Seperti peningkatan emisi gas rumah kaca karena kabinet pendingin ini menggunakan listrik untuk beroperasi. Limbah yang dihasilkan dari kabinet pendingin ini juga cukup banyak seperti limbah oli dan gas freon. 

 

Cara mengurangi dampak lingkungan melalui kabinet pendingin berkelanjutan

Untuk mengurangi dampak lingkungan dari kabinet pendingin, minimarket dapat menggunakan kabinet pendingin yang berkelanjutan. Terdapat pula beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mengurangi dampak lingkungan: 

1. Memilih kabinet yang ramah lingkungan

Pilihlah kabinet yang hemat energi sehingga lebih hemat penggunaan listrik dan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca. Anda bisa mencari kabinet pendingin yang sudah memiliki sertifikasi energy star yang berwarna biru. Sertifikasi ini menandakan bahwa kabinet tersebut sudah melampaui standar efisiensi dibandingkan jenis lain.

 

2. Optimalkan penggunaan energi

Penyimpanan produk pada kabinet juga harus dikelompokkan agar pengaturan suhu bisa lebih efektif dan tidak membuang-buang energi. Harus dipastikan bahwa suhu kabinet harus tepat sesuai dengan produk yang disimpan. 

 

3. Perawatan rutin

Harus melakukan perawatan rutin untuk memastikan kinerja kabinet sudah optimal. Hal ini bisa mengurangi risiko kebocoran yang mengakibatkan kabinet tidak efisien. 

 

4. Pembelian kabinet yang dapat didaur ulang

Pada saat masa pakai kabinet sudah selesai, harus dipastikan bahwa kabinet dapat didaur ulang dengan maksimal. Hal ini dapat membantu mengurangi limbah.

 

Dengan mengikuti tips-tips di atas, anda dapat mengurani dampak lingkungan dari penggunaan kabinet pendingin berkelanjutan. Anda dapat mencari tau lebih tentang kabinet pendingin dengan melihat langsung pada offline store atau pada website GEA https://www.gea-rsa.com/gea-rsa/product/gea!