image desc

Memahami Perbedaan dan Kelebihan Split Cold Room dibandingkan Sistem Penyimpanan Dingin Lainnya

Split cold room biasa merupakan salah satu jenis cold room yang umum digunakan di Indonesia. Apabila dilihat dari namanya, split artinya terpisah. Jadi, split cold room terdiri dari dua unit yaitu kompresor yang ada di luar ruangan dan unit ecaporator yang ada di dalam ruangan. Hal ini sudah sangat berbeda jika dibandingkan dengan pendingin lainnya. 

 

Perbedaan dan kelebihan split cold room

Berikut adalah beberapa perbedaan dari split cold room jika dibandingkan dengan pendingin lainnya: 

 

1. Desain 

Seperti yang sudah dijelaskan, split cold room memiliki kompresor di luar sedangkan pendingin lain memiliki kompresor di dalam. Hal ini bisa meminimalisir kebisingan di dalam ruangan. Selain itu, ruang penyimpanan juga lebih luas dan efektif. Dalam proses merawat dan memelihara juga akan mudah karena ruangan lebih mudah diakses. 

 

2. Kemudahan instalasi

Pemasangan split cold room lebih mudah karena unit kompresor dan evaporator dapat dipasang secara terpisah. Pendingin ini juga cocok untuk tempat yang memiliki keterbatasan ruang penyimpanan karena unit dapat dipisahkan. 

 

3. Efisiensi energi

Split cold room lebih efisien dalam penggunaan energi dibandingkan sistem penyimpanan dingin lainnya. Hal ini karena unit kompresor terletak di luar ruangan, sehingga panas yang dihasilkan oleh kompresor tidak masuk ke dalam ruangan. Jadi, pengaturan suhu dalam mesin pendingin mudah dikontrol. 

 

Dengan berbagai kelebihan yang ada, produk yang akan di simpan di dalam juga terjaga kesegarannya jika dibandingkan dengan mesin pendingin lainnya. Terlebih karena kelembaban suhu di dalam mesin pendingin lebih mudah dikontrol. Apabila anda ingin mencari tau lebih tentang split cold room, anda bisa langsung bertanya dan menggali informasi pada offline store ataupun bisa langsung cek pada website GEA https://www.gea-rsa.com/gea-rsa/product/gea!