image desc

Cara Mencegah Pembekuan Berlebihan pada Makanan dalam Chest Freezer

Chest freezer merupakan alat yang dirancang untuk membekukan dan menjaga makanan agar tetap beku. Namun, pembekuan berlebihan dapat menyebabkan kerusakan tekstur, rasa, dan nilai gizi makanan. 

 

Cara Mencegah Pembekuan Berlebih dalam Chest Freezer

Berikut beberapa tips untuk mencegah pembekuan berlebihan pada makanan dalam chest freezer:

1. Gunakan kemasan yang tepat

Gunakan kemasan yang kedap udara dan tahan untuk ditaruh di freezer. Ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan freeze burn. Bungkus makanan dengan plastik wrap atau aluminium foil sebelum memasukkannya ke dalam wadah. Pastikan bahwa kemasan tertutup rapat untuk mencegah udara dingin masuk ke dalam. Beri label pada setiap wadah dengan tanggal dan isi agar mudah dicari.

2. Teknik membekukan

Bekukan makanan dengan cepat untuk menjaga kualitasnya. Sebaiknya gunakan pengaturan "fast freeze" pada chest freezer. Dinginkan makanan terlebih dahulu sebelum dibekukan. Hindari membekukan makanan yang sudah dicairkan karena dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri.

3. Pengaturan suhu ideal

Atur suhu chest freezer pada -18°C untuk menjaga kualitas makanan beku. Apabila suhu terlalu rendah, bisa menyebabkan pembekuan berlebih. Salah satu caranya bisa dipantau secara berkala dengan termometer. Agar suhu lebih stabil, dilarang untuk membuka chest freezer terlalu sering karena bisa menyebabkan peningkatan suhu.

4. Penataan yang sesuai 

Beberapa jenis makanan lebih mudah mengalami pembekuan berlebihan dibandingkan dengan yang lain. Daging berlemak, buah-buahan, dan sayuran adalah contoh makanan yang mudah mengalami freezer burn. Jadi, makanan yang mudah membeku ditaruh pada bagian atas untuk mencegah pembekuan berlebih. 

 

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mencegah pembekuan berlebihan pada makanan dalam chest freezer dan menjaga kualitas makanan beku Anda. Cari tahu tentang chest freezer di offline store ataupun bisa cek website GEA https://www.gea-rsa.com/gea-rsa/product/gea!