image desc

Bagaimana Menghemat Energi dengan Mengatur Suhu yang Tepat pada Refrigerator

Refrigerator merupakan salah satu alat rumah tangga yang hampir dimiliki semua orang. Refrigerator mengkonsumsi banyak untuk menjaga kesejukan, untuk menjaga makanan agar tetap awet. Jika suhu pada refrigerator terlalu tinggi, makanan akan cepat rusak. Jika suhu terlalu rendah, refrigerator akan bekerja lebih keras sehingga konsumsi energi meningkat. 

 

Tips menghemat energi dan mengatur suhu yang tepat pada refrigerator

Berikut tips yang bisa dilakukan agar refrigerator tidak boros energi: 

 

1. Pengaturan suhu yang tepat 

Pengaturan suhu untuk refrigerator adalah 40° F  atau 4° C sedangkan untuk freezer adalah 0° F atau -18° C. Untuk refrigerator yang memiliki pengaturan suhu dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sedangkan untuk refrigerator yang tidak punya pengaturan suhu bisa menggunakan termometer. 

 

2. Masukkan barang secukupnya pada refrigerator

Idealnya, refrigerator hanya boleh diisi maksimum tiga perempat dari kapasitas agar sirkulasi udaranya lebih efektif. Jika refrigerator diisi terlalu penuh, maka energi yang dikeluarkan akan lebih banyak sehingga tidak efektif.

 

3. Tutup pintu refrigerator

Saat membuka pintu refrigerator harus langsung ditutup. Jika pintu dibuka terlalu lama, suhu di dalamn bisa berubah. Hal ini bisa menyebabkan refrigerator bekerja lebih keras untuk mendinginkan lagi sehingga menyebabkan pemborosan energi.

 

4. Pilih refrigerator dengan fitur inverter 

Refrigerator dengan fitur inverter bisa menghemat energi hingga 30%-50% dibandingkan kulkas konvensional. Kompresor inverter memiliki beban kerja ringan sehingg suara yang dihasilkan minim. Fitur inverter menyebabkan refrigerator lebih tahan lama. 

 

5. Bersihkan dan cek refrigerator secara berkala

Refrigerator harus dibersihkan teratur agar sirkulasi udara maksimal. Seal pintu refrigerator perlu dijaga agar tidak rusak karena udara dingin dapat keluar sehingga refrigerator harus bekerja lebih keras. Bersihkan dan ganti filter agar penghantar udara efisien. 

 

Dengan menghemat  dan mengatur suhu refrigerator dengan baik, konsumsi energi akan lebih efektif. Cari tahu lebih lanjut tentang macam-macam refrigerator dengan cek pada website GEA https://www.gea- rsa.com/gea-rsa/product/gea!