image desc

Bagaimana Medical Refrigeration Membantu Memperpanjang Umur Simpan Obat dan Vaksin

Salah satu peralatan penting untuk menyimpan obat dan vaksin adalah medical refrigeration atau yang kerap disebut sebagai mesin pendinginan medis. Terdapat banyak jenis medical refrigeration, salah satunya dapat menyimpan berbagai obat-obatan dan vaksin. Penyimpanan obat-obatan dan vaksin sangat berpengaruh terhadap kualitas jika tidak disimpan dengan benar, terlebih jika pengukuran suhu penyimpanan salah. 

 

Mengapa medical refigeration menyimpan obat dan vaksin dengan baik?

Medical refrigeration memiliki fungsi yang sama dengan kulkas biasa, yaitu sebagai mesin pendingin. Jika medical refrigeration dan kulkas biasa sama-sama mesin pendingin, mengapa medical refrigeration lebih efektif untuk menyimpan obat dan vaksin? Medical refrigeration dapat menjaga suhu dengan stabil sehingga penyimpanan obat dan vaksin bisa maksimal. Medical refrigeration juga dapat menjaga suhu hingga 2-8 derajat celcius. Seperti yang diketahui bahwa medical refrigeration cukup sensitif dengan suhu. Apabila tidak disimpan pada suhu yang sesuai, maka efektivitas vaksin dan obat tidak maksimal. Bahkan, bisa menyebabkan obat dan vaksin tidak aman untuk digunakan lagi.

 

Selain itu, medical refrigeration telah dirancang untuk bisa meminimalisir kontaminasi yang terjadi sehingga sesuai dengan standar keamanan untuk menjaga kualitas dari obat dan vaksin. Hal ini karena medical refrigerationmemiliki fitur yang berbeda dibandingkan dengan kulkas biasa karena ada sistem filtrasi untuk memperlambat laju reaksi kimia sehingga meminimalisir kontaminasi serta mikroorganisme dalam ruang penyimpanan. Sistem filtrasi ini juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang bisa meyebabkan infeksi. 

 

Dengan teknologi yang dimiliki oleh medical refrigeration, maka penyimpanan obat dan vaksin bisa dilakukan lebih lama karena dapat membantu menjaga kualitas dari obat dan vaksin. Hal ini dapat menghemat biaya dan bisa meningkatkan aksesibilitas dari penggunakan obat dan vaksin. 

 

Anda perlu memilih medical refrigeration dengan tepat sesuai dengan kebutuhan. Pemilihan medical refrigeration bisa lebih mudah dan sesuai dapat dilakukan dengan melihat pada website GEA https://www.gea-rsa.com/gea-rsa/product/gea!